Guardiola: Kepindahan Arteta ke Arsenal Berada di Luar Kuasa Saya

Guardiola: Kepindahan Arteta ke Arsenal Berada di Luar Kuasa Saya

Guardiola: Kepindahan Arteta ke Arsenal Berada di Luar Kuasa Saya

Berita Bola, Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, mengaku tak punya kuasa soal kepergian Mikel Arteta ke Arsenal. Katanya, semua keputusan ada di tangan level manajemen.

Arteta bergabung dengan Arsenal sebagai pelatih tetap pada hari Jumat (20/12/2019) kemarin. Pria berkebangsaan Spanyol itu mengisi pos kepelatihan yang lowong semenjak Unai Emery dipecat bulan lalu.

Sebelumnya, Arteta bertugas sebagai asisten Guardiola di Manchester City. Jabatan tersebut telah ia emban semenjak memutuskan pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 2016 lalu.

Ia memiliki peran penting dalam keberhasilan Manchester City dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk saat klub berjuluk the Citizens tersebut memenangkan tiga kompetisi domestik pada musim kemarin.

Dalam beberapa kesempatan, Guardiola pernah mengatakan bahwa dirinya tak ingin Arteta pergi. Namun apadaya, ia tidak memiliki kuasa untuk menahannya karena semua keputusan ada di tangan level manajemen.

“Saya tidak terlibat dalam urusan klub di belakang layar, CEO ataupun orang yang ditugaskan,” ungkap Guardiola dalam konferensi pers menjelang laga kontra Leicester City, seperti yang dikutip dari Independent.

Dalam beberapa laporan, disebutkan bahwa Manchester City tidak terima dengan cara Arsenal melakukan pendekatan ke Arteta. Guardiola sendiri tak tahu menahu apakah klub yang berbasis di Kota London itu sudah meminta maaf atau belum.

Baca Juga : Solskjaer Incar Kemenangan di Kandang Watford

“Apa yang terjadi berada di luar kontrol saya,” katanya. “Saya tak tahu apa yang terjadi. Saya tak tahu apakah cara mereka sudah tepat atau salah. Saya tidak tahu,” sambungnya.

Selain Arteta, Guardiola juga dikabarkan terancam kehilangan salah satu staf kepelatihannya, Rodolfo Borrell. Dari sejumlah laporan, diketahui bahwa Arteta berniat untuk mengangkat Borrell sebagai asistennya di Arsenal.

Namun soal itu, Guardiola tidak merasa khawatir. Ia berkata kalau belum ada tim yang melakukan pendekatan terhadap mantan staf kepelatihan Barcelona tersebut belakangan ini.

“Dari sekarang dia [Borrel] akan bertahan bersama saya. Kami belum mendapatkan pendekatan apapun untuk dirinya,” ujar Guardiola lagi.

“Sampai musim panas kami akan terus seperti ini, dengan orang yang ada di sini dan memulai sejak tiga tahun yang lalu. Pada musim panas, kami akan lihat apa yang bisa kami benahi, apa yang tak bisa kami perbaiki,” tutupnya.