Tentang Alfie Mawson, Satu-satunya Orang Inggris yang Bikin Gol di Pekan 25

Tentang Alfie Mawson, Satu-satunya Orang Inggris yang Bikin Gol di Pekan 25

Tentang Alfie Mawson, Satu-satunya Orang Inggris yang Bikin Gol di Pekan 25

Berita Bola, Sembilan pertandingan Liga Primer Inggris pekan ke-25 sudah bergulir. Dari pertandingan-pertandingan itu lahir 19 gol dan hanya satu pemain Inggris yang jadi pencetak gol. Siapa pemain itu?

Dari jumlah gol itu tidak ada pemain top Inggris seperti Harry Kane, Jermain Defoe, Dele Alli, Theo Walcott hingga Adam Lallana, yang mampu menyarangkan bola ke gawang lawan

Namun, setidaknya masih ada satu pemain Inggris yang mencetak gol ke gawang lawan di pekan ke-25 ini. Adalah Alfie Mawson, yang cetak gol pembuka kemenangan 2-0 Swansea City atas Leicester City, Senin (13/2/2017).

Meski posisinya adalah pemain bertahan, gol yang dibuat pesepakbola 23 tahun itu bukan yang pertama dia lesakkan. Sebaliknya, Mawson justru tengah on fire karena dia total sudah membuat tiga gol dalam enam laga terakhir. Gol-gol yang dikemas Mawson lahir sejak The Swans diasuh oleh Paul Clement.

Mawson kini duduk sebagai bek yang paling banyak mencetak gol di Liga Primer Inggris musim ini bersama Marcos Alonso (Chelsea). Keduanya sama-sama punya koleksi tiga gol.

Bicara tentang Mawson tentu tidak bisa dilepaskan dari kebangkitan Swansea di bawah asuhan Clement. Klub yang bermarkas di Liberty Stadium tersebut selalu mencatatkan kemenangan jika sang pemain mencetak gol. Hasilnya, kini Swansea berhasil keluar dari zona merah. Mereka ada di posisi 15 klasemen dengan poin 24.

Baca Juga : Conte Terlalu Berpengalaman untuk Ladeni Psywar Mourinho

Lantas, siapa Mawson ini sesungguhnya?

Belum lama ini The Guardian sudah menuliskan sedikit tentang hidup dan perjalanan Mawson di dunia sepakbola. Mawson adalah anak dari seorang penjual buah dan sayuran.

Di saat memiliki waktu luang, Mawson lebih sering memilih menghabiskan waktu untuk menjaga toko buah dan sayuran yang dijalankan ayahnya, dan itu pun katanya, akan terus ia lakukan sekalipun nanti dirinya banyak dikenal orang banyak.

Mulai meroketnya nama Mawson di liga mungkin tidak pernah terpikirkan kedua orang tuanya, Gary dan Paula. Bahkan sang ayah juga tidak menyangka jika pria kelahiran 19 Januari 1994 itu bisa melawan Sergio Aguero.

“Ayah saya mengatakan kepada saya hari Minggu lalu: ‘Ag├╝ero datang menghadapi Anda, Alf,'” kata Mawson, tersenyum gembira sambil menirukan suara ayahnya.

“Ini gila dan sedikit lebih nyata. Tapi Anda harus menerimanya dengan tenang. Anda tidak bisa memberi pemain ini ruang setengah yard pun atau mereka akan menghukum Anda. Karena pemain ini tidak peduli siapa Anda – mereka tidak akan tahu siapa saya,” sambungnya.

Di pertandingan itu Swansea kala 1-2 lewat dua gol Gabriel Jesus, namun Mawson setidaknya berhasil untuk meredam Aguero, yang memulai pertandingan di menit 83.

Selain bermain sepakbola dan hidup sebagai anak tukang buah, Mawson juga punya jalinan pertemanan dengan anak umur empat tahun, yang mengalami pertumbuhan otak yang tidak normal atau biasa disebut Chiari Malformation.

Pertemanan ini terjadi saat anak itu hadir di pertandingan Barnsley–klub Mawson sebelum bergabung dengan Swansea. Bocah yang bernama Alfie Ledgeway itu didapuk sebagai maskot jelang pertandingan.

“Dia adalah maskot satu hari,” Mawson menjelaskan, “Sebelum pertandingan mereka datang dan berkeliling, saya berkata: ‘Halo teman. Siapa namamu?’

“Dia berkata:” Saya Alfie. Alfie Ledgeway. ‘Saya bilang: “Itu lucu. Itu nama sama.’ Dia mengatakan: “Apa, Anda Alfie Ledgeway juga? ‘Saya berkata tidak! Saya Alfie Mawson.’

Hubungan yang tak disengaja itu pun berlanjut samapai sekarang. Duo Alfie itu bahkan kerap berbagi kabar lewat video call dan juga Facebook.

Mawson sejauh ini sudah merencanakan ingin mengundang Alfie ketika Swansea menjamu Everton di pekan ke-36. Pilihan itu lantaran keluarga dari teman empat tahunnya itu merupakan fans Everton.

Begitulah sepenggal kisah Mawson, satu-satunya pemain Inggris yang mencetak gol di pekan ke-25 Premier League.
(din/rin)